Selasa, 04 Oktober 2016

Grid Systems

         Sebuah grid diciptakan sebagai solusi terhadap permasalahan penataan elemen-elemen visual dalam sebuah ruang. Grid Systems digunakan sebagai perangkat untuk mempermudah menciptakan sebuah komposisi visual. Melalui grid systems seorang perancang grafis dapat membuat sebuah sistematika guna menjaga konsistensi dalam melakukan repetisi dari sebuah komposisi yang sudah diciptakan. Tujuan utama dari penggunaan grid systems dalam desain grafis adalah untuk menciptakan suatu rancangan yang komunikatif dan memuaskan secara estetik. 
      Berbasis pada golden section, proporsi yang identik dengan luas halaman akan menghasilkan perhitungan rasio lebar margin sebagai berikut :
 Margin atas = 3
 Margin bawah = 6
 Margin luar = 4
 Margin dalam =2 

 
    Golden section adalah sebuah konsep dasar yang digunakan untuk menghasilkan proporsi yang sempurna untuk keperluan pemecahan ruang. Diagram di samping ini menunjukkan suatu cara mencari titik pertemuan (golden mean) untuk mengkonstruksi sebuah bentuk persegi empat. 
 
suatu cara mencari titik pertemuan (golden mean) untuk mengkonstruksi sebuah bentuk persegi empat.
 Diawali dengan sebuah garis ‘ab’
 Segitiga terbentuk dari setengah ‘ab’ (garis vertikal ‘bc’)
 Aksis ‘c’ dan ‘b’ menghasilkan titik ‘s’
 Aksis ‘a’ dan ‘s’ menghasilkan titik ‘g’
 Garis ‘ab’ terbagi menjadi ‘M’ dan ‘m’
 Akhirnya panjang ‘M’ membentuk tinggi persegi-empat 

       Walaupun tidak ada aturan-aturan yang baku mengenai penentuan besarnya margin, namun pemanfaatan ukuran margin yang tepat dapat memberikan dampak visual terhadap keseluruhan rancangan. Margin yang sama besar akan lebih cepat membosankan, sedangkan ukuran margin yang tidak sama besar dapat menciptakan ruang asimetris yang lebih dinamis.
     Perbandingan margin yang sama besar dan magin yang asimetris dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Margin yang sama besar 


Margin yang asimetris
 
     Grid systems sangat diperlukan sebagai dasar pola dalam menyusun huruf dan gambar dalam jumlah yang banyak, seperti buku, brosur, catalog, surat kabar, dan majalah. Untuk rancangan yang berjumlah satu halaman atau sedikit, penerapan grid systems sering diabaikan.
Beberapa terminologi dan satuan ukuran yang digunakan dalam sebuah rancangan grafis yang menggunakan grid systems :

 
       Grid systems dalam sebuah rancangan grafis digunakan sesuai dengan kebutuhan komposisi, ada yang hanya menggunakan satu buah kolom vertikal hingga multi kolom yang menggunakan dua titik koordinat X dan Y (horizontal-vertikal). Grid systems difungsikan sebagai perangkat bantu dalam memonitor setiap penempatan elemen-elemen visual pada sebuah bidang rancangan.
Ukuran kertas merupakan salah satu awal keputusan dalam menentukan sebuah komposisi desain cetak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar