Minggu, 04 Juni 2017

Pengertian Still Life fotografi

Pengertian Still Life pada fotografi


Pertama-tama mari kita mengenal apa itu fotografi ,fotografi sama saja dengan mengambar dengan cahaya .Momen momen menarik dapat kita abadikan dengan fotografi ini .Banyak sekali jenis jenis fotografi salah satunya adalah still life fotografi .mari kita bahas mengenai still life fotografi ini .
Foto still life adalah  foto mengenai  benda mati, misalnya patung, makanan, minuman, sayuran ,mainan , aneka benda-benda kecil dari hiasan sampai produk-produk .
Meskipun yang menjadi objek pemotretan adalah benda-benda mati, memotretnya untuk menjadi sebuah foto yang baik dan mengandung seni tidaklah gampang . Karena kita harus menjadikan benda mati tersebut menjadi “hidup” .

Jelas bahwa membuat foto still life bukan sekadar menggambarkan objek ke dalam film dengan cara seadanya.. yang kita perlukan adalah konsep , teknik pemotretan yang baik, apakah mengenai sudut pemotretan, pencahayaan ,penataan objek atau hal-hal lain yang terkait dengan tujuan pencapaian hasil foto yang artistik dan mengandung seni. Karena itulah untuk menghasilkan sebuah foto still life yang baik perlu adanya teknik pemotretan yang baik .
Dalam pemotretan ini yang sangat berperan adalah tata pencahayaanya ,yaitu jatuhnya sinar terhadap objek yang kita foto .biasanya untuk pemotretan still life dilakukan dengan cahaya buatan dan lampu kilat .Akan tetapi tentu tidak bisa asal-asalan dalam menentukan cahaya buatanya ,kita harus memilih posisi cahaya buatan atau lampu tersebut pada posisi yang tepat  serta jumlah cahayapun sangat berperan penting untuk mendapat kan hasil yang memuaskan dan objek terlihat  “hidup”.Selain tata cahaya kita jg bisa menambahkan latar belekang untuk membantu agar objek terlihat lebih menarik ,ataupun aksesori aksesori lainya .
jadi intinya foto still life yaitu memotret benda mati namun  terlihat seolah olah hidup.
sumber : https://jepretjepret.wordpress.com/2010/07/01/apa-itu-still-life/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar