Minggu, 04 Juni 2017

Program Counter (PC)

Program Counter (PC) adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat lokasi dari memori utama yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi oleh CPU, isi dari PC diubah menjadi alamat dari memori utama yang berisi instruksi berikutnya yang mendapat giliran akan diproses, sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai maka jejak instruksi selanjutnya di memori utama dapat dengan mudah didapatkan.
Akumulator adalah register yang dapat digunakan untuk aritmatika, logis, pergeseran, memutar, atau lainnya operasi serupa. Komputer pertama biasanya hanya memiliki satu akumulator. Banyak kali ada terkait register tujuan khusus yang berisi data sumber untuk akumulator. Akumulator digantikan dengan register data dan register tujuan umum. Akumulator muncul kembali di mikroprosesor pertama. Intel 8086/80286: satu kata (16 bit) akumulator; bernama AX (byte urutan tinggi dari Register AX bernama AH dan byte orde rendah dari register AX bernama AL) Intel 80386: satu doubleword (32 bit) akumulator; bernama EAX (kata urutan rendah menggunakan nama yang sama sebagai akumulator pada Intel 8086 dan 80286 [AX] dan rendah ketertiban dan urutan tinggi byte dari kata-kata urutan rendah dari empat register menggunakan nama sama dengan akumulator pada Intel 8086 dan 80286 [AH dan AL])
Index  register adalah Register yang dipakai untuk melakukan operasi string dan sering digunakan  untuk menulis dan membaca ke atau dari memory seperti halnya BX dan BP(Base Pointer), yang terdiri dari register. 1. SI     (Source Index) Dipakai sebagai pointer atau tempat penyimpan data. Registerini sering  dipakai sebagai pointer untuk menunjuk sebuah item (indexing) dalam  satu kesatuan data. Pada operasi string, SI dipakai untuk menunjuk ke  byte atau word dalam sebuah source string. 2. DI     (Destination Index) Dipakai sebagai pointer atau tempat penyimpanan data. Sering dipakai  sebagai pointer untuk menunjuk sebuah item (indexing) dalam satu  kesatuan data.  Pada operasi string, DI dipakai untuk menunjuk ke byte atau word dalam sebuah destination string.
Stack Pointer adalah register yang memiliki fungsi operasi Push & Pop, Operasi push menambah bagian atas daftar, menyembunyikan semua item yang sudah di stack, atau menginisialisasi stack jika kosong. Operasi pop menghapus item dari bagian atas daftar, dan mengembalikan nilai ini ke pemanggil.Sebuah pop mengungkapkan baik yang sebelumnya telah tersembunyi, atau hasil dalam daftar kosong.
Segment Pointer : Register yang menyimpan alamt berbasis Segmen dimana mungkiin terdapat beberapa register misalnya satu register untuk system operasi dqan satu register untuk proses saat itu. b.Register Index : register yang menyimpan alamat-alamat yang terindeks dan autoindexed c.Stack Pointer :register yang memiliki fungsi operasi Push & Pop, Operasi push menambah bagian atas daftar, menyembunyikan semua item yang sudah di stack, atau menginisialisasi stack jika kosong. Operasi pop menghapus item dari bagian atas daftar, dan mengembalikan nilai ini ke pemanggil.Sebuah pop mengungkapkan baik yang sebelumnya telah tersembunyi, atau hasil dalam daftar kosong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar