Kamis, 10 Maret 2016

Instalasi sistem operasi multiboot.

Multi boot adalah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer memiliki lebih dari satu sistem operasi. Multiboot sering digunakan untuk menyebutkan sistem operasi Linux yang terinstall berdampingan dengan sistem operasi windows. Sistem ini memungkinkan untuk mendampingkan sistem windows dengan windows, windows dengan Linux, Linux dengan sistem operasi lain seperti Mac, Solaris, BSD, antar Linux yang berbeda distro. Dalam kegiatan belajar ini hanya membahas sistem multiboot windows 7 dan windows 8.
1) Instalasi sistem operasi windows 8
Langkah-langkah proses instalasi windows 8 sebagai rangkaian instalasi sustem operasi multiboot adalah sebagai berikut :
6. Pastikan DVD Windows 8 Installer terpasang pada Drive DVD
7. Simpan perubahan dan keluar dari menu setup dengan menekan menu Exit kemudian pilih exit and saving atau dengan menekan tombol F10 kemudian pilih yes.
8. Pastikan DVD installer Windows 7 terpasang pada CD/DVD ROMl
9. Berbeda dengan pendahulunya saat pertama Windows 8 memuat file setup, tampilan pertama adalah layar hitam dengan jendela ditengah, seperti gambar yang di bawah ini.
10. Setelah proses diatas tersebut selanjutnya akan ditampilkan pengaturan bahasa, waktu, mata uang dan pengaturan input keyboard, klik Next apabila telah selesai melakukan pengaturan.
11. Pada langkah ini klik tombol Install Now untuk memulai proses instalasi windows 8.
12. Kemudian masukkan Product key Windows 8, kemudian klik next
13. Centang kotak bertulisan "I accept the license terms" lalu klik tombol Next.
Akan diminta untuk memilih antara membuat upgrade atau instalasi custom. Pilih Custom: Install Windows only (advanced)
15. Pastikan partisi untuk sistem operasi windows 8 sudah dibuat (kegiatan belajar 11 dan 12). Pilih partisi yang akan digunakan untuk menginstal windows 8 kemudian klik next.
16. Setup akan memakan waktu beberapa menit untuk menyalin semua file yang dibutuhkan dan menginstal sistem operasi.
17. Setelah proses setup selesai secara otomatis komputer akan melakukan restart, selanjutnya Windows 8 butuh beberapa waktu untuk mengkonfigurasi hardware yang terpasang pada komputer.
18. Pilih warna background yang kita inginkan, dan ketik nama untuk komputer kita kemudian klik Next.
19. Kita akan dihadapkan pada pilihan "Express Setting" atau ingin menyesuaikan installasi sendiri. Dalam hal ini saya pilih Use Express Setting, anda bisa pilih Customize jika ingin mengatur penyesuaian sendiri.
20. Setelah itu ketik nama kemudian klik Finish.
21. Tunggu beberapa saat windows menyesuaikan semua pengaturan.
22. Sambil menunggu pengaturan selesai kita akan disuguhkan dengan tutorial singkat dimana kita bisa mengakses menu bar.
23. Setelah itu akan ditampilkan informasi lebih lanjut tentang kemajuan kustomisasi Windows melalui layar berwarna dan beberapa pesan
24. Setelah semuanya selesai, akan ditampilkan Start Screen Windows 8.
25. Klik tombol untuk berpindah ke layar berikutnya.
26. Restart komputer dan amati pada windows boot manajernya.
2) Penggunaan aplikasi easyBCD
EasyBCD adalah sebuah software alat bantu gratis, dari "neosmart technology" yang memiliki fungsi untuk mengatur booting, menambah menu boot, dan segala sesuatu tentang boot. Software ini sangat berguna saat pengguna ingin melakukan dual booting sistem operasi baik itu Linux-Window, maupun Window-Window.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar