Kamis, 10 Maret 2016

Partisi Hardisk

1) Partisi hardisk
Partition atau partisi dalam sistem berkas dan manajemen media penyimpanan adalah bagian dari merupakan media penyimpanan memori yang secara logis terpisah dan berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. Memori atau media penyimpanan yang bisa dipartisi yaitu memori fisik maupun maya oleh manajemen memori sistem operasi, hardisk, Mo Disk, dan beberapa flash memory.
2) Membuat partisi menggunakan computer management pada windows
Dalam windows 7 terdapat beberapa menu pilihan berkaitan dengan proses manipulasi volume atau pembagian partisi hardisk yaitu:
 Menghapus partisi hardisk (Delete Volume)
 Memperkecil ukuran partisi hardisk (Shrink Volume)
 Memperbesar ukuran partisi hardisk (Extend Volume)
 Membuat partisi baru dengan format hardisk (New Volume)
Uraian dibawah ini menjelaskan Langkah-langkah yang dilakukan untuk proses partisi hardik menggunakan aplikasi computer manajemen pada sistewm operasi windows 7:
a) Pada start windows 7 terdapat kotak Search, disitu ketik computer management lalu takan enter
b) Plih Disk management dan Pilih sebuah drive/partisi yang akan di resize Apabila pada komputer anda hanya terdapat drive C saja (belum dipartisi) maka klik drive C, lalu klik kanan
c) Pada contoh ini membagi Drive C (WIN 7) menjadi 2 partisi. Pada drive C Klik kanan kemudian pilih shrink Volume
d) Tunggulah beberapa waktu hingga proses query selesai
e) Selanjutnya Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah.
f) Pada kotak isian " Enter the amount of space to shrink in MB" Isikan nilai sesuai dengan ruang hardisk, ini dapat kita isikan nilai sama atau lebih kecil dari hasil query. Pada contoh ini saya nilai space yang dimasukkan sekitar 5000 MB ( 5 GB). Setelah itu Klik tombol Shrink.
g) Selanjutnya Klik kanan pada free spaces kemudian anda Pilih New Simple Volume
h) Maka akan muncul jendela seperti dibawah ini
i) Kemudian Klik Next untuk menlanjutkan proses.
j) Jangan diubah nilai volumenya, kemudian Klik Next
(Apabila pada free space anda ingin membuat lebih dari 1 partisi maka anda dapat mengecilkan nilai, simple volume size in MB (supaya masih ada free space yang tesisa, ini dapat dijadikan partisi baru)
k) Pada Volume label masukkan nama dari partisi yang dibuat atau tanpa dirubah dan dapat dirubah melalui windows exploler.
l) Setelah itu Klik Finish
m) Buka windows ekplorer, rubah nama partisi menjadi: windows 8
3) Memperbesar ukuran partisi hardisk (Extend Volume)
Untuk memperbesar partisi harus tersedia free spaces pada hardisk. Apabila tidak tersedia free space maka pengguna dapat membuatnya terlebih dahulu, dapat memperkecil ukuran partisi lain atau dapat menghapus partisi. Uraian dibawah ini menjelaskan langkah-langkah untuk memperbesar ukuran partisi hardisk di windows 7:
a) Klik Start, pada kotak search ketikkan computer management dan enter.
b) Pilih partisi yang akan diperbesar ukurannya, misal untuk partisi WIN7. Pada partisi WIN7 klik kanan, kemudian pilih Extend Volume...
c) Setelah itu Pilih Next
d) Jika ingin menggunakan seluruh free space, ikuti default (free space akan digabung dengan dengan partisi WIN7). Selanjutnya Klik Next dan finish.
e) Di hardisk sekarang sudah terdapat 4 partisi, WIN7 ukurannya telah berubah menjadi lebih besar dari ukuran sebelumnya.
4) Menghapus partisi
Uraian dibawah ini menjelaskan langkah-langkah untuk mengahapus suatu partisi hardisk menggunakan aplikasi computer management di sistem operasi windows 7.
a) Klik Start kemudian pada kotak search ketikkan computer management
b) Klik computer management kemudian pilih Disk management.
c) Pada gambar diatas terdapat dua hardisk,yaitu disk 0 ( hardisk pertama) dan disk 1 (hardisk kedua), Apabila di komputer anda hanya terdapat 1 hardisk maka hanya ada disk 0.disk 0 berisi 4 partisi, sedangkan disk 1 berisi 5 partisi Hardisk kedua (disk 1) itu yang akan dihapus partisinya, nama partisi yang akan dihapus adalah zandi
d) Klik kanan pada partisi zandi, lalu pilih delete volume
e) Selanjutnya Klik Yes
f) Jika partisi talah terhapus, maka akan muncul sebuah free space

Tidak ada komentar:

Posting Komentar